EDUCATION FOR ALL HUMAN

pendidikan model pembelajaran tips pendidikan link pendidikan

 

 

Google
Menciptakan Sekolah Sehat dengan Trias UKS
11.13.2007

Sekolah sebagai tempat berlangsungnya proses pendidikan formal haruslah melaksanakan Trias UKS,yaitu:
1. pendidikan kesehatan
2. pelayanan kesehatan , dan
3. pembinaan lingkungan sehat
dengan melakukan 7K yaitu kesehatan, kebersihan, keindahan, kenyamanan, ketertiban, keamanan, dan kerindangan.
Upaya pembinaan kesehatan pada anak usia sekolah perlu dikembangkan, mengingat kelompok tersebut sangat potensial sebagai sumber daya manusia dalam pembangunan khususnya bidang kesehatan. Salah satu upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia tersebut adalah melalui pembinaan pelayanan kesehatan anak usia sekolah.
Untuk memperluas jangkauan pelayanan kesehatan melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) maka perlu dilakukan suatu penjalinan kerja sama lintas program dan lintas sektoral dengan memperhatikan kebijaksanaan operasional yang telah ditentukan, seperti pelayanan kesehatan di sekolah kepada peserta didik dan masyarakat sekolah lainnya.
Guru merupakan ujung tombak pelaksanaan pendidikan di sekolah. Demikian juga terhadap pendidikan kesehatan. Sehingga pengetahuan guru mengenai pendidikan kesehatan harus memadai dan sesuai dengan perkembangan ilmu kesehatan saat ini.
Dalam rangka mengembangkan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan untuk lebih meningkatkan kualitas pelaksanaaan UKS, perlu dilaksanakan penataran guru UKS sebagai bagian dari pendelegasian wewenang di setiap SD/MI. Oleh karena itu, penyampaian materi tentang kesehatan bagi guru UKS/Penjakes tingkat SD/MI sangat dibutuhkan dalam rangka memperkaya pengetahuan dan kemampuan dalam bidang kesehatan.
Dalam melaksanakan program UKS ini, kita mengacu pada UU No.23 tahun 1992, UU No.20 tahun 2003 serta SKB empat menteri, menteri agama, menteri pendidikan nasional, menteri kesehatan , menteri dalam negeri. Pengertian dari UKS adalah bentuk dari usaha kesehatan masyarakat yang dilaksanakan di sekolah.
Tujuan Usaha Kesehatan Sekolah [UKS] adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat dan derajat kesehatan peserta didik maupun warga belajar serta menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.
Organisasi kesehatan dunia ( WHO ) menyatakan bahwa untuk belajar dengan efektif, anak-anak memerlukan kesehatan yang baik. Untuk itulah, sekolah harus mampu dan menjadi suatu tempat yang dapat meningkatkan derajat kesehatan peserta didiknya. Menurut WHO, terdapat enam ciri utama suatu sekolah untuk bisa menjadi sekolah yang mempromosikan/meningkatkan kesehatan, yaitu :
1. Melibatkan semua pihak yang berkaitan dengan masalah kesehatan sekolah, yaitu peserta didik, orang tua, dan para tokoh masyarakat maupun organisasi-organisasi di masyarakat.
2. Berusaha keras untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan aman, meliputi sanitasi dan air yang cukup, pekarangan sekolah yang aman, bebas dari segala macam bentuk kekerasan dan pengaruh negatif serta bebas dari penyalahgunaan zat-zat berbahaya. Di samping itu, sekolah harus membina suasana yang memedulikan pola asuh, rasa hormat, dan saling percaya. Agar pelaksanaannya berjalan dengan baik, semua ini harus mendapat dukungan dari masyarakat.
3. Memberikan pendidikan kesehatan sekolah, dengan cara membuat kurikulum yang mampu untuk meningkatkan sikap dan perilaku peserta didik yang positif terhadap kesehatan, serta dapat mengembangkan berbagai keterampilan hidup yang mendukung kesehatan fisik, mental dan sosial. Serta dengan memerhatikan pentingnya pendidikan dan pelatihan untuk guru maupun orang tua.
4. Memberikan akses (kesempatan) untuk dilaksanakannya pelayanan kesehatan di sekolah, yaitu dengan mengadakan penjaringan kesehatan bagi siswa baru, diagnosis dini, pemantauan dan perkembangan, imunisasi serta pengobatan sederhana. Agar pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan baik, sekolah perlu membina kerja sama dengan puskesmas setempat. Di samping itu, sekolah perlu membuat program-program makanan bergizi dengan memperhatikan keamanan makanan.
5. Menerapkan kebijakan-kebijakan dan upaya-upaya di sekolah untuk mempromosikan/ meningkatkan kesehatan, yaitu membuat kebijakan yang didukung oleh seluruh staf sekolah termasuk mewujudkan proses belajar mengajar yang dapat menciptakan lingkungan psikososial yang sehat bagi seluruh masyarakat sekolah. Dalam menerapkan kebijakan, pihak sekolah harus memberikan pelayanan yang adil untuk seluruh siswa. Termasuk membuat kebijakan dalam masalah penggunaan rokok, penyalahgunaan narkoba, alkohol, serta pencegahan segala bentuk kekerasan/ pelecehan.
6. Bekerja keras untuk ikut atau berperan serta meningkatkan kesehatan masyarakat, denganmemerhatikan adanya masalah kesehatan masyarakat yang terjadi, serta berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan kesehatan masyarakat.
Setelah kita menyimak bahwa begitu pentingnya masalah kesehatan, sekolah perlu segera untuk melaksanakan program usaha kesehatan sekolah (UKS). Dalam pelaksanaan di lapangan, program UKS yang terdiri dari Trias UKS ini bisa diberikan dalam bentuk intra kurikuler maupun ekstra kurikuler.
Selain itu untuk menciptakan suatu kondisi sekolah yang sehat, sekolah harus memenuhi kriteria, antara lain kebersihan dan ventilasi ruangan, kebersihan kantin, WC, kamar mandi, tempat cuci tangan, melaksanakan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan, bimbingan konseling dan manajemen peran serta masyarakat.
Dalam tingkat pencapaiannya ada empat macam kategori, yaitu minimal, standar, optimal, dan paripurna. Setiap sekolah dapat meningkatkan tingkat kesehatannya melalui kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Sekolah yang baik dan bisa dinyatakan sebagai sekolah sehat adalah sekolah yang telah memenuhi kategori paripurna. Oleh karena itu, untuk menciptakan suatu kondisi sekolah yang sehat, dapat dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan. Agar pelaksanaan program ini berjalan dengan baik, sekolah perlu bekerja sama dengan tim pembina UKS kecamatan dan masyarakat di sekitar sekolah

Label: ,

posted by dadyx wenhru @ 3:09 AM  
0 Comments:
Poskan Komentar
<< Home
 
Thanks for
Terucap kata terimakasih kepada Allah SWT yang telah memberikan akal untuk berfikir kepada manusia, juga ayah, ibu, dan adikku yang selalu mensuportku untuk selalu menjadi terdepan, juga temanku yang memberiku inspirasi untuk membuat blog ini, juga kepada semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Thanks all
Belajar Blogger
Template Blogger
Template None
Daftarkan Email Kamu

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner

PENDIDIKAN MODEL PEMBELAJARAN

↑ Grab this Headline Animator

Link Out
About Me

Photobucket


weblogger

Name: dadyx wenhru
Home: yogyakarta, DIY, Indonesia
About Me:
See my complete profile
Link Out
Posting Terbaru
Archives
Links
Powered by

Photobucket

My Link

Photobucket

© EDUCATION FOR ALL HUMAN Blogspot Template by weblogger